Pasar dimana para pembeli dan para
penjual melakukan interaksi dapat dibedakan menjadi pasar komoditas dan
pasar faktor. Pasar komoditas adalah interaksi anatara para pembeli dan
paa penjual dari suatu komoditas dalam menentukan jumlah dan harga
barang atau jasa yang diperjualbelikan. Sedangkan pasar faktor adalah
interaksi antara para pengusaha (pembeli faktor-faktor produksi) dengan
para pemilik faktor produksi untuk menentukan harga (pendapatan) dan
jumlah faktor-faktor produksi yang akan digunakan dalam menghasilkan
barang dan jasa yang diminta masyarakat.
Pasar sendiri memiliki tiga fungsi,
yaitu: fungsi distribusi, fungsi pembentukan harga, dan fungsi promosi.
Sedangkan menurut fisiknya, janis pasar dibedakan ke dalam pasar konkret
dan pasar abstark. Pasar konkret merupakan tempat pertemuan antara
pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi secara langsung. Barang
yang dijual belikan juga tersedia di pasar tersebut. Sedangkan pasar
abstrak merupakan pasar tidak nyata dimana transaksi antar penjual dan
pembeli hanya dilakukan melalui telepon, internet, dll
Interaksi yang terjadi antara penjual dan
pembeli akan menentuakn tingkat harga suatu komoditas (barang atau
jasa) dan jumlah komoditas yang diperjual belikan. Sehingga dalam ilmu
ekonomi bila kita berbicara tentang pasar, maka secara otomatis kita
akan membicarakan mengenai pertemuan antara penjual dan pembeli,
barang/jasa yang dijual, serta harga tertentu atas barang/jasa yang
dijual tersebut.
Pemasaran adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan
untuk memberikan informasi mengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan
memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Sumber : http://carapedia.com/pengertian_arti_definisi_pasar_info2000.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Contohnya, seorang manusia membutuhkan air dalam memenuhi kebutuhan dahaganya. Jika ada segelas air maka kebutuhan dahaganya akan terpenuhi. Namun manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya segelas air merek Aqua yang bersih dan mudah dibawa. Maka manusia ini memilih Aqua botol yang sesuai dengan kebutuhan dalam dahaga dan sesuai dengan keinginannya yang juga mudah dibawa.
Proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia inilah yang menjadi konsep pemasaran. Mulai dari pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan mempromosikan barang (promotion). Seseorang yang bekerja dibidang pemasaran disebut pemasar. Pemasar ini sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan manusia terutama pihak konsumen yang dituju.
Sumber : http://carapedia.com/pengertian_arti_definisi_pasar_info2000.html
http://id.wikipedia.org/wiki/Pemasaran
Tidak ada komentar:
Posting Komentar