5 Cara mempererat hubungan dengan konsumen
Memperkuat hubungan dengan seseorang adalah hal yang sangat penting, apalagi dalam dunia bisnis khususnya seorang pelanggan bisnis kita. Pelanggan akan merasakan nyaman dan mempunyai hubungan baik dengan kita secara khusus akan berdampak pada kelangsungan hubungan bisnis. Ada 5 jalan untuk mempererat hubungan dengan pelanggan, yaitu ;
1. Pelanggan harus diyakinkan dan merasa di pedulikan, dan ini sangat penting sekali. Pelanggan harus merasa bahwa salesmen atau karyawan kita memperdulikan mereka. Dan ada banyak hal bagaimana menunjukkan kepedulian kita tersebut. Dan tentu saja pemilik bisnis dan para karyawan dapat menggunakan beberapa cara untuk melakukannya.
2. Menghargakan berbagai produk/
jasa secara wajar adalah wajar jika kita menghendaki untuk mendapatkan laba
yang tinggi dalam sebuah transaksi bisnis, tetapi sangat penting untuk mengukur
harga yang wajar dan pada tingkat mana konsumen bersedia membayar sehingga kita
mendapatkan profit dan konsumen juga merasa puas dengan barang yang ia
dapatkan. Artinya disini, kita tidak hanya sekedar berfikir bagaimana
mendapatkan keuntungan setinggi-tingginya, tetapi kita juga harus berfikir
apakah konsumen mendapatkan kepuasan terhadap nilai produk/ jasa jika
dibandingkan dengan harga yang telah ia bayar.
3. Usahakan supaya pelanggan
mengingat kita dan alamat usaha kita. Karena tentu saja konsumen tidak akan
bertransaksi dengan kita pada kali berikutnya jika ia lupa dimana alamat usaha
kita. Promosi dan iklan, termasuk membagikan kartu nama dapat membantu dalam
hal ini. Selain itu, usahakan mempunyai katalog dan price list-nya, karena
costume pasti ingin mengetahui produk-produk lainnya yang yang kita miliki.
4. Jaga kebersihan dan kerapian toko
dan gudang. Karena seseorang akan enggan untuk berbelanja di toko yang kotor,
atau mungkin kelihatan tidak aman dan tidak sedap dipandang mata. Karena,
pelanggan akan menceritakan kondisi toko kita kepada orang lain, entah itu
kotor atau bersih.
5. Penting bagi karyawan untuk
mempersiapkan diri mereka, termasuk kerapian dan mungkin dandanan yang cantik.
Ini tidak berarti mereka harus berdandan bak fotomodel atau menggunakan make-up
yang berlebihan. Paling tidak mereka harus terlihat bersih dan rapi, termasuk
menjaga jangan sampai ada bau badan atau bau mulut, apalagi dalam profesi
mereka sebagai seorang penjual profesional.
Dengan beberapa tips sederhana ini,
sebuah bisnis dan karyawan pendukungnya akan membuat hubungan dengan pelanggan
semakin erat. Hal ini akan membuat pelanggan selalu ingin berbelanja di toko
tertentu, dan mereka akan kembali lagi dilain waktu. Dan mereka akan semakin
berbelanja banyak barang di toko tersebut, dan secara otomatis membantu owner
bisnis untuk menghasilkan profit yang lebih besar.
Sumber : http://cipta.web.id/cpWeb/2011/10/19/5-cara-untuk-mempererat-hubungan-dengan-pelanggan/
Keren sob
BalasHapuswww.kiostiket.com